ANDA INGIN MENYUMBANG PEMBANGUNAN
GEREJA ST. YAKOBUS BANTUL ?

Bila Anda Ingin membantu dalam bentuk dana, silahkan kirim ke :

Rekening : Bank BPD Cabang Bantul
Nomor Rekening : 22.02.1.25379-7
Atas Nama : PGPM Paroki St. Yakobus Bantul

Dimohon para penyumbang berkenan memberikan pemberitahuan transfer melalui :

e-mail : styakobus@yahoo.com
cc :
maternus_m@yahoo.co.id

atau

SMS : 08156876160 atau 08157972919

LITURGI MINGGU PANGGILAN



DOA PEMBUKAAN
ImamAllah Bapa kami, Engkau telah mengutus Yesus Putra-Mu sebagai Gembala yang baik bagi kami umat-Mu. Semoga teladan cinta-Nya dapat menjadi teladan bagi para gembala. Bantulah para gembala kami dengan daya Roh-Mu agar mereka semakin Kau teguhkan untuk tetap setia menjadi gembala umat-Mu. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
UmatAmin


BACAAN PERTAMA
KISAH PARA RASUL 4:8-12

LektorTatkala dihadapkan kepada Mahkamah Agama Yahudi karena telah menyembuhkan seorang lumpuh, Petrus yang penuh dengan Roh Kudus berkata, “Hai pemimpin-pemimpin umat dan tua-tua, jika kami sekarang harus diperiksa karena suatu kebajikan kepada seorang sakit, dan harus menerangkan dengan kuasa manakah orang itu disembuhkan, maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa semua itu kami lakukan dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi dibangkitkan Allah dari antara orang mati. Karena Yesus itulah orang ini sekarang berdiri dengan sehat di depan kamu. Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan, yaitu kamu sendiri, namun ia telah menjadi batu penjuru. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia.
Demikianlah sabda Tuhan
UmatSyukur kepada Allah


BACAAN KEDUA
1 YOHANES 3:1-2

LektorSaudara-saudaraku terkasih, lihatlah, betapa besar kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Allah. Saudara-saudaraku terkasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata bagaimana keadaan Akan tetapi kita tahu bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.
Demikianlah sabda Tuhan
UmatSyukur kepada Allah


BACAAN INJIL
YOHANES 10:11-18


ImamPada suatu hari Yesus berkata kepada orang-orang Farisi, “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu Ia lari karena ia seorang upahan, dan tidak memperhatikan domba-domba itu.
Akulah gembala yang baik. Aku mengenal domba-domba-Ku, dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga; mereka akan mendengarkan suara-Ku, dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala!
Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku.”
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan, dan tekun melaksanakannya.
UmatSabda-Mu adalah jalan, kebenaran, dan hidup kami


DOA UMAT
ImamTuhan Yesus, Engkau pernah bersabda: “Akulah Gembala yang baik. Aku mengenal domba-domba-Ku”. Kami percaya Engkau mengenal kami, kerinduan dan harapan kami. Kini kami panjatkan doa kepada Bapa dengan pengantaraan Engkau, Gembala Agung kami.
LektorBagi Sri Paus, para uskup dan para imam
Semoga Sri Paus, para uskup dan imam semakin menyerupai Kristus, Gembala yang baik, ramah, sabar, dan bijaksana dalam menggembalakan umat-Mu. Marilah kita mohon ....
UmatTuhan, dengarkanlah umat-Mu
LektorBagi para pemimpin negara dan bangsa
Semoga para pemimpin bangsa dan negara kami senantiasa melaksanakan tugas panggilan mereka untuk mensejahterakan rakyat yang dipimpinnya. Marilah kita mohon ....
UmatTuhan, dengarkanlah umat-Mu
LektorBagi para misionaris, biarawan-biarawati, dan awam
Semoga para misionaris, biarawan-biarawati, dan awam yang bertekun mewartakan sabda dan memberikan pelayanan kemanusiaan dapat menemukan kebahagiaan lewat karya-karya mereka. Panggilah lebih banyak lagi awam yang rela mengabdikan diri demi pewartaan Injil. Marilah kita mohon ....
UmatTuhan, dengarkanlah umat-Mu
LektorBagi anak-anak misioner
Semoga anak misioner sungguh dapat menjadi saksi yang hidup di tengah dunia ini melalui doa, derma kurban, dan kesaksian yang mereka lakukan setiap hari. Marilah kita mohon ....
UmatTuhan, dengarkanlah umat-Mu
LektorBagi generasi muda di paroki kami
Semoga di paroki kami, tampil banyak pemuda dan pemudi yang rela menanggapi panggilan Gembala Baik untuk menjadi pewarta Injil bagi orang-orang yang belum mengenal Kristus. Marilah kita mohon...
UmatTuhan, dengarkanlah umat-Mu
LektorBagi saudara-saudari yang terkena musibah di seluruh persada nusantara
Semoga Tuhan memberikan kekuatan dan penghiburan bagi setiap orang yang tertimpa bencana agar mereka tetap berdiri teguh dalam iman dan pengharapan akan hidup ini. Marilah kita mohon...
UmatTuhan, dengarkanlah umat-Mu
ImamYa Allah Bapa kami yang mahabaik, kabulkanlah permohonan kami anak-anak-Mu, yang disampaikan dengan penuh iman dan tulus iklas. Padukanlah doa-doa umat-Mu di seluruh dunia. Demi Kristus, Tuhan dan Juru Selamat kami.
UmatAmin


DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
ImamMarilah berdoa: ... hening sejenak ...
Allah Bapa yang mahakudus, kami persembahkan roti dan anggur hasil karya kami. Bersama roti dan anggur ini, kami persembahkan juga seluruh diri kami sebagai lambang penyerahan dan pembaruan hidup kami. Satukanlah persembahan kami ini dengan kurban Yesus Putra-Mu agar pantas menjadi santapan keselamatan kami.
UmatAmin


DOA SESUDAH KOMUNI
ImamMarilah berdoa: ... hening sejenak ...
Tuhan Allah kami, Engkau telah mengutus Putra-Mu Yesus dan menjadikan-Nya Gembala dalam hidup kami. Atas cinta-Mu kepada kami, Yesus Putra-Mu telah menyerahkan diri-Nya untuk keselamatan jiwa kami. Bantulah kami hari demi hari untuk setia dan berani menyerahkan diri pada putra-Mu, Sang Gembala Agung kami, agar kami sungguh merasakan kesejukan jiwa dalam batin kami. Semua ini kami haturkan dengan pengantaraan Kristus Tuhan Sang Gembala hidup kami.
UmatAmin.


DOA MOHON PANGGILAN

Ya Yesus gembala ilahi. Engkau sendiri telah memanggil para rasul dan menjadikan mereka untuk mengikuti Dikau dan mengabdi kepada-Mu. Engkau masih hidup sekarang juga, supaya senantiasa menyertai kami.

Berilah agar sekalian orang yang telah Engkau panggil, mengenal kehendak-Mu ini dan menjadikannya kehendak mereka sendiri. Bukalah pandangan mereka terhadap seluruh dunia, bukalah telinga mereka terhadap begitu banyak permintaan mendesak mohon terang dan kebenaran dan kehangatan cinta sejati.

Hendaklah mereka, dalam kesetiannya pada panggilannya bekerja sama membangun Tubuh-Mu yang mistik itu dan dengan demikian meneruskan pengutusan-Mu. Jadikanlah mereka garam dunia dan terang dunia.

Berilah ya Tuhan, agar banyak pula pemuda-pemudi kami mengikuti panggilan cinta-Mu. Bangkitkanlah di dalam hati mereka keinginan, untuk hidup semata-mata seturut semangat Injil dan menyerahkan diri bagi pengabdian kepada Gereja. Berilah mereka kerelaan hati yang besar terhadap semua orang yang memerlukan pertolongan dan pengalaman cinta kasih mereka.

Amin


Rumusan Doa diambil dari : Misio KKI No. 15/VII-2006

Tidak ada komentar: